Flash Mob ? lagi rada booming belakangan ini. Tarian massal yang seolah-olah dadakan ini banyak dilakukan oleh beberapa brand produk sebagai sarana promo dan komunikasi massa produsen kepada konsumennya. Namun mengadopsi flash mob sebagai salah satu mata acara event outdoor gathering ? kayaknya boleh juga ide ini.
Tak jarang seorang program desainer "terjebak" dalam mengemas konsep outdoor gathering (family gathering or employee gathering) dengan mengedepankan tontonan diatas panggung sebagai santapan utama nya. padahal jelas tantangan family atau employee gathering yang dilakukan di luar ruang seringkali datang dari kondisi cuaca. saat panas, ya peserta jadi lesu, lemas tak bergairah. saat hujan, ya bisa anda tebak sendiri lah.
Seringkali saya menyiasati kondisi ini dengan cara menempatkan peserta sebagai pelaku event. menjadi subjek akan lebih menarik antusiasme ketimbang hanya menjadi objek (penonton pasif). itulah kenapa dalam banyak konsep event gathering luar ruang yang saya rancang seringkali saya sisipkan sessi-sessi yang melibatkan peserta sebagai talentnya. misal rombongan angklung interaktif saung ujo yang saya boyong ke event saya, mengarang lagu secara massal bersama kang iman ulle, maen perkusi bareng drumoholic, creative performance dari perwakilan peserta dan beberapa ide lainnya.
Terakhir, atas cetusan ide yang datang dari client saya sendiri, Flash Mob menjadi satu bagian yang disisip dalam sebuah event family gathering yang dipercayakan kepada saya. diluar dugaan, ide flash mob yang diimplementasi ke dalam event family gathering ini membuat event ini seperti sebuah event yang dinanti-nanti oleh pesertanya. dan sudah pasti, antusiasme tercipta dengan sendirinya meski saat itu matahari benar-benar kurang bersahabat.
Coba klik disini deh untuk liat event yang saya maksud itu.