Amazing Race Bank Mandiri Pakai Andong

Pada dasarnya banyak hal yang bisa di eksplorasi dalam penyusunan sebuah konsep dan skenario event team building. seringkali saya ditanya oleh calon pelanggan saya, "gamesnya apa aja mas ?". games ? aaaah bingung saya jawabnya.
seingat saya dulu alur yang diajarkan ke saya dlm penyusunan program dengan pendekatan experiential learning adalah dimulai dengan adanya ACTION kemudian DISCUSSION kemudian REFLECTION dan akhirnya berujung pada IMPLEMENTATION.
nah luh jadi maen teori dah hehehehe ... intinya yang saya serap adalah mutlak adanya sebuah action (dalam bentuk sebuah aktivitas). dan mungkin games yang dimaksud sebenarnya adalah untuk memenuhi unsur ini kali yak. Bila demikian berarti action ini bentuknya gak melulu harus berupa games oper-oper bola, mindahin aer atau betot-betot tali kan ?
 
Saya jadi teringat dengan sebuah program yang saya susun untuk program team buildingnya Bank Mandiri (Direktorat Corporate Banking) di awal 2010 lalu. Program ini diselenggarakan di sebuah tempat yang sama sekali gak ada nuansa outbound-outboundnya acan. Desa kasongan , sebuah desa penghasil kerajinan gerabah di Jogjakarta saya jadikan sebagai lokasi kegiatannya.
 
klik disini deh untuk melihat video cuplikannya terlebih dahulu
 
Action yang saya jadikan "kendaraan" untuk mencapai objectivenya adalah aktivitas membuat kerajinan gerabah. Dinamika team coba saya bentuk dari keharusan tiap kelompok kecil yang dibentuk untuk mencari/berburu peralatan dan bahan membuat gerabah yang saya sebar di rumah-rumah penduduk di kawasan desa kasongan. untuk mengeksplorasi kawasan kasongan, setiap tim difasilitasi dengan andong dan beberapa clue yang tersebar di perjalanan. aktivitas yang kelihatannya sederhana ini ternyata menjadi seru tatkala skenario program disisipi muatan corporate value nya Bank Mandiri. Nilai-nilai pengalaman yang muncul seolah begitu real dengan nilai-nilai budaya kerja yang berlaku sehari-hari di Bank Mandiri.
Seusai tahapan perburuan, tim masih dihadapkan pada keharusan menjadikan bahan mentah gerabah menjadi sebuah bentuk kerajinan tangan. aktivitas yang mudah mungkin buat perajin gerabah, namun lumayan sulit buat orang yang belum terbiasa. Dan ternyata banyak nilai yang bisa diangkat saat proses debriefing. dan peserta bisa belajar banyak hal dari rangkaian proses yang diikutinya. Fun ? ya ! Refreshing ? ya juga ... learning ? tetep ya donk
 
Satu lagi, harga jual ? oke. knp ? karena diferensiasi ide secara langsung "menepikan" kita dari arena persaingan banting-bantingan harga "games" hehehe